Selasa, 03 Juni 2008

Tips Bila Terjebak di Kemacetan

Walaupun terjebak di kemacetan lalu lintas sudah jadi santapan sehari-hari, namun siapaun rasanya tidak pernah terbiasa juga. Buktinya tangan masih saja gatal untuk menekan klakson dan mulut tak jarang tergoda untuk mengumpat.
Padahal tindakan seperti itu jelas membuang-buang energi dan bila dipupuk setiap hari, bukan tidka mungkin akan bermuara pada penyakit kejiawaan.

Untuk berdamai dengan kemacetan lalu lintas coba lakukan hal berikut :
1. Bekali diri dengan CD, MP4, atau kaset lagu-lagu kesukaan, agar setiap kali menyetir, hati jadi terhibur. Bernyanyilah keras-keras untuk mengalihkan rasa kesal pada kaki yang pegal saat menekan kopling.
2. Dengarkan stasiun radio favorit. Di jam-jam sibuk, biasanya hampir setiap stasiun radio menyajikan program-program yang menghibur dan lumayan mengundang tawa.
3. Mendengarkan buku audio. Beberapa novel populer kini tersedia dalam bentuk buku audio berupa CD atau kaset. Atau kalau mau lebih menantang, bisa juga belajar bahasa asing dari kaset.
4. Menelepon saat menyetir memang berbahaya. Namun menelepon saat lalu lintas tersendat-sendat; asalkan tidak terlalu lama; tidak apa-apa. Hanya saja jangan lupa gunakan hands free supaya tangan tetap optimal mengoperasikan mobil. Inilah saat yang baik untuk sekedar menyapa keluarga, teman, atau menjawab panggilan yang tidak terjawab karena kesibukan.
5. Mengemil. Bila tidak sempat sarapan atau pulang kantor perut sudah lapar, kudapan apel, biskuit, atau roti isi. Rasa lapar biasanya membuat seseorang jadi pemarah, sehingga bila perut terisi, niscahya rasa kesal akibat macet dapat diredam. Oleh karena itu, sediakanlah selalu kudapan ringan di dalam mobil.
6. Mecet terkadang dapat menciptakan suasana yang kondusif untuk berfikir. Entah itu mencari solusi masalah yang sedang dihadapi, mencari ide untuk proyek pekerjaan baru, atau sekedar merefleksikan kehidupan pribadi.
7. Bermain game di ponsel. Atau bila berkendara bersama keluarga atau teman, ajak mereka untuk bermain tebak-tebakan, misalnya permianan interaksi seperti itu akan menambah erat kekeluargaan dan persahabatan.
8. Melakukan peregangan agar kaki dan tangan tidak kram atau pegal-pegal.
Untuk menghindari kemacetan, lain kali sebelum berangkat, ada baiknya mengecek reportase lalu lintas di radio, telivisi atau ponsel. Berangkat lebih awal dan memperkaya perbendaharaan jalan-jalan alternatif juga dapat membantu melarikan diri dari kemacetan.

Sumber disadur dari Kompas... Semoga membantu...

Tidak ada komentar: