Senin, 04 Januari 2010

Tindakan Pencegahan Pemanasan Global

RT Kita Cikarang, Usaha kita dalam melakukan pencegahan pemanasan global bisa bermacam-macam, antara lain adalah sebagai berikut :

JANGAN KONTAMINASI
Jangan Buang Sampah Sembarangan!

Jangan biarkan kita semua dan industri mengkontaminasi bumi, planet dimana kita hidup, dengan berbagai macam kotoran dan sampah.

REBOISASI
Lindung Hutan, Penghijaun adalah penting!

Dukung pemerintah dalam program melindungi hutan dari penebangan liar, karena hutan lindung adalah faktor penting dalam pencegahan pemanasan global.
Kitapun dapat melakukan penghijauan dihalaman rumah dengan menanam pohon yang teduh di rumah kita akan menyerap CO2 dan menjadikan udara disekitar kita lebih sehat.

CINTAI LINGKUNGAN
Cintailah lingkunganmu...

Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memelihara, merawat dan menjaga kelestarian alam serta isinya.
Cintai bumi demi generasimu!!

HEMAT AIR
Lebih perhatikan dan Bijak dalam mengkonsumsi air.

Jangan hiraukan air terus menetes dari kran air, karena kita tidak peduli! Dimanapun kita berada, jangan biarkan pemborosan air terjadi. Di rumah kita, kita dapat menggunakan kran air yang dapat kita atur laju air, dan kita akan lebih hemat dalam penggunaan air. Jangan biarkan dunia kita kering, karena pemborosan air.

REDUCE, REUSE, RECYCLE
Mengurangi, Memakai Ulang, dan Mendaur Ulang

Memproduksi kertas, kaca, barang logam baru dengan menggunakan materi daur ulang akan menghemat 70%-90% energy dan polusi, sehingga mengurangi CO2 di permukaan bumi kita. Contoh praktis, bilamana kita dapat mendaur ulang kertas Koran kita setinggi 120cm, kita dapat menyelamatkan 1 pohon. Mari kita mendukung produk daur ulang.

PRODUK HEMAT ENERGI
Beli dan gunakan perlengkapan rumah tangga yang hemat energy!

Pastikan AC, Lemari pendingin, dan alat elektronik lainnya di dalam rumah kita hemat energy. Kita jelas akan mengurangi pemakaian daya listrik yang besar sekaligus menghemat biaya listrik rumah tinggal kita.

KEMACETAN
Kemacetan sumber pemborosan!

Ketidak seimbangannya jumlah kendaraan dan fasilitas jalan yang tersedia menyebabkan kemacetan yang tiap tahun semakin parah. Bisakah anda bayangkan berapa kilo liter terbuang begitu saja di saat kendaraan kita tidak dapat berjalan lancar hanya disebabkan oleh kemacetan?
Polusi semakin parah, kualitas hidup kita semakin tidak sehat. Pemerintah harus meningkatkan fasilitas-fasilitas umum yang efektif dan efisien (busway, kereta bawah tanah, monirail), fasilitas untuk para pejalan kaki (pedestrian).
Hal-hal diatas jelas akan mengurangi kemacetan, dan pemakaian bahan bakar akan berkurang, polusi akan terendam, dan pemanasan global dapat diatasi.

DAUR ULANG
Kurangi pemakaian material yang sulit untuk didaur ulang. Memakai ulang material yang dapat digunakan berualang kali akan mengurangi sampah kita, contohnya mengganti pemakaian kantong plastik dengan tas belanja yang berbahan kain atau lainnya yang tahan lama. Kita dapat juga menggunakan tas belanja berbahan kertas yang akan mudah untuk di daur ulang.

DRIVE SMART!
Mengendarai kendaraan kita dengan bijak.

Bilamana kita mengendarai dengan roda yang tidak cukup udara, maka kita akan lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar. Sebaliknya, kita akan lebih hemat biaya dan mencegah polusi udara.

FLUROESCENT LIGHTS
Gantilah lampu penerangan anda dengan yang lebih hemat energy.

Lampu Fluroescents memproduksi cahaya sama dengan lampu biasa, tetapi hanya menggunakan daya dibandingkan lampu biasa.
Gunakanlah lampu yang hemat energy dan pasti juga menghemat tagihan listrik anda.

CLEAN ENERGY
Menunjang dan mencari energy alternatif yang bersih dan bebas polusi.

Energy alternatif seperti sinar matahari dan turbin udara akan sangat mengurangi pemakaian energy berdasarkan batubara, sehingga mengurangi polusi dan mencegah pemanasan global.

TINDAKAN TEPAT
Bertindak dan berbagi kepada sesama cara-cara mencegah pemanasan global.

Bekerjasama dengan pemerintah setempat, mulai memilah-milah sampah yang organik dan non organik, yang dapat dan yang tidak dapat didaur ulang. Pemerintah harus dapat memberikan fasilitas umum, contoh tempat sampat yang terbagi menurut fungsinya.

SELAMATKAN BUMI, PLANET TEMPAT KITA TINGGAL, DEMI MASA DEPAN KITA BERSAMA.

Tidak ada komentar: