Rabu, 18 Juli 2007

Perpanjangan SIM di Cikarang : Hati2 supaya bisa hemat

Dear all yang berbahagia,

Satu lagi issue yang ingin saya lontarkan terkait dengan pengalaman perpanjangan SIM.

Alkisah, hari Sabtu kemarin saya ke Samsat (yang diarea Jababeka 1 bukan Samsat yang arah terminal) untuk perpanjangan SIM A yang telah usai. SIM saya yang telah usai dibuat ketika saya masih di kampung (Muntilan-red), jadi alamat nya juga kampung.

Ketemulah saya dengan petugas diloket perpanjangan SIM, setelah bayar uang kesehatan (15rbè cek mata oleh paramedic dengan alat “centong nasi” untuk nutup mata kanan/kiri guna ngetes mata kita jernih apa tidak) dan uang asuransi (15rb).

SIM asli diminta, dan…aksi dimulai.

Saya dipersilahkan masuk kekantornya, dengan gaya bahasa yang lembut dan halus si petugas menjelaskan bahwa SIM saya jika mau diperpanjang harus mengambil berkas2nya dulu di Muntilan-Magelang (±600 km dari Cikarang – red). ‘’Namun kami bisa Bantu kangmas..” demikian kurang lebih bahasanya sipetugas.

Dengan tambahan biaya administrasi 160rb, maka semua beres : status saya bukan perpanjangan namun buat SIM baru.

Beraneka jurus negoisasi tidak berjalan mulus, akhirnya saya menyerah, saya menyerahkan uang : 160 rb + biaya buat SIM baru 75rb, total 235rb. Selang beberapa waktu photo dan selesailah SIM baru saya dengan alamat Jl. Singa Cikarang.



Point penting : jika diantara Bapak ada yang ingin perpanjangan SIM di Cikarang namun SIM lamanya bukan Cikarang, saya sarankan untuk MENUJU ke LOKET PEMBUATAN SIM BARU dan ikuti flow normal. Karena jika Bapak masuk ke LOKET PERPANJANGAN SIM besar sekali kemungkinan Bapak akan mengalami hal seperti saya, Bapak akan dipersilahkan amsuk setelah petugas melihat SIM lama Bapak dan biaya akan berlipat.



Info tambahan :

- total biaya yang saya keluarkan jadi : 15rb +15rb + 235rb = 265 rb.

- biaya normal SIM perpanjangan : 15rb +15rb + 60 rb = 90rb

- biaya normal SIM baru : 15rb +15rb + 75 rb = 105rb

- waktu saya photo SIM, orang sebelah saya juga mengalami hal serupa dengan saya



Pengalaman adalah guru paling berharga….

Y. Kristiawan
Project Planning & Cost Control Dept.
Plant Administration Div.
PT. TMMIN - Karawang Plant
Ext. 5557, 5558

9 komentar:

Moderator mengatakan...

Yth. Pak Kris

Saya sebagai moderator cukup iba juga dgn pengalaman yg bapak alami, mudah-mudahan wacana ini jadi ajang informasi bagi seluruh user yg melihat blog kita ini.

Pengalaman moderator juga bisa dibandingkan yg tahun lalu dilakukan saat perpanjangan SIM A & C.
Saya lakukan dgn melalui "Agen Jasa" hanya mengeluarkan uang total Rp.500.000 langsung foto dan dalam 2 jam saja sudah dpt mengambil kedua SIM tersebut !!
Ini saya lakukan di Samsat Jakarta Barat, saya punya KTP masih di Bekasi Selatan.
Inipun atas saran Agen Jasa tersebut, kalau mau mengurus perpanjangan di Bekasi lagi akan cukup lama, karena harus tarik berkas, akhirnya disarankan u/ ambil SIM baru saja di Jakarta dgn upgrade menjadi SIM B1 dan SIM C Jakarta, ternyata prosesnya cukup cepat juga yah, apakah memang ada power dari pihak Agen Jasanya atau memang pelayanan di Jakarta lebih cepat yah..he..he...

So seperti pak Hadi bilang...
Sutopo Hadi [s.hadi@jababeka.co.id]wrote :
Yah…. paling tidak Bapak sudah menemukan Guru yang paling Berhargalah……artinya memang Guru yang berharga itu mahal, ya kaya kasus bapak itu……Yang arah terminal itu benar Kantor SAMSAT Pak tapi kalo yang di Jababeka I itu kantor PULISI urusan Lalulintas dan Permohonan SIM. Kasu Bapak itu yang salah bukan siapa –siapa kok Pak, yang salah Cuma yang ciptakan lagu……..yang ada penggalan sairnya itu, sambung menyambung menjadi satu “ITULAH INDONESIA”

neogyganet mengatakan...

GABUNG DI CIKARANGZONE AJA YU http://www.cikarangzone.co.cc/

Ceng Agus mengatakan...

numapng curhat nih...
Hari ini (Rabu, 01 September 2010) saya melakukan perpanjangan sim c sy yang akan habis tanggal 05 September 2010, tetapi sy sangat kecewa terhadap pelayanan serta pungli yang dikenakan sehingga sy batal memperpanjang sim c sy karena kekurangan uang untuk membayar biaya administrasi.
Ceritanya begini :
Jam 8.30 sy berangkat menuju tempat pelayanan sim di kawasan industri jababeka 1 cikarang
Langsung cek kesehatan 20 rb+5 rb, kemudian bayar asuransi 30 rb, selanjutnya bayar bank 75 rb (meskipun di kwitansi tertulis 60 rb untuk perpanjangan, tetapi distampel 75 rb).
Selanjutnya menuju loket 1, disana sy diberikan formulir serta berkas2 td yang sudah di bundle mejadi satu di atas map, kemudian sy mengisi formulirnya. Setelah selesai sy serahkan berkas tersebur ke loket 2 dan diberikan no antrian oleh petugas loket. petugas loket menawarkan dompet untuk sim seharga rp 5 rb, tetapi sy menolaknya (mungkin ini yang menjadi asal muasal knp dipersulit)
30 menit menunggu akhirnya nama sy dipanggil, tetapi bukan disuruh ke loket untuk difoto. Melainkan ke loket 3 dan dibawa ke ruang pengaduan.
Di ruang pengaduan sy dilayani oleh petugas yang memakai kaos polisi putih biru (tidak pakai seragam, sehingga tidak tahu namanya siapa) dan diminta uang administrasi sebesar 55 rb, katanya untuk “membantu pemindahan berkas” dari Bekasi kota ke Bekasi kabupaten. Karena uang sy tinggal 20 rb (150 rb – 25 rb – 30 rb – 75 rb = 20 rb), sy tidak bisa memberikan uang tersebut kepada petugas. Akhirnya petugas menawarkan sy untuk mengurus perpanjangan sim di bekasi kota agar tidak terkena biaya administrasi “membantu perpindahan berkas”. Dan petugas tersebut memberikan uang sebesar 95 rb kepada sy sebagai pengganti bayar cek kesehatan (-5 rb) dan bank.
Akhirnya sy memutuskan untuk mengambil uang tersebut dan mengembalikan semua berkas kecuali kwitansi asuransi untuk mengambil kartu asuransi.

Sy berusaha menjadi warga Negara yang baik. Setiap bulan gaji sy dipotong bayar pajak penghasilan, pajak Bumi & Bangunan, Pajak Kendaraan bermotor dan berusaha untuk memperpanjang SIM. Tetapi kenapa harus dipersulit seperti ini?
Apakah memang tidak bisa segala sesuatunya ikut sesuai prosedur yang ada? Tanpa lewat calo atau dibantu petugas sekalipun???
Apakah kantor pelayanan sim di kawasan jababeka 1 cikarang belum online sehingga harus ada biaya administrasi pemindahan berkas???

Wong Bingung mengatakan...

Numpang Share

Hari Sabtu kemarin tgl 18-02-2012, saya melakukan perpanjangan SIM.A, di Cikarang, semua prosedur + biaya nya sdh saya ikuti sesuai dgn peraturan yg ada, alamat di SIM.A saya yg lama tambun kabupaten bekasi, alamt di KTP saya Tambun juga.., beda kelurahan, kloo di SIM.A sy yg lama Kel.Satria JAya, klo almt di KTP Karang Satria, intinya sama2 di kabupaten Bekasi, singkat cerita saya tinggal tunggu antrian utk foto.., namun nama sy dipanggil oleh salah satu petugas yg tdk memakai seragam.., tpi memakai kaos.., sprtinya kaos seragam olah raga, petugas tsb meminta uang kpd sy Rp. 50.000,- dikarenakan sy pindah almt, sy berdebat, trnyata oknum petugas trsbut gak mau kalah, dia bilang kpd sy , bhwa saya dikenakan biaya material tuk prpnjangan SIM.A krn SIM yg sekrng baru dan bahannya lbh elastis..., sangat aneh kan...?, alasan oknum petugas tsb....., namun krn sy butuh .., akhirnya sy ikutin keinginan oknum tsb, saya menghimbau kepada siapapun warga indonesia, yg kebetulan bertmpat tinggal di wilyah kabupaten bekasi, tuk lbh berhati2, karena banyak oknum2 yg mencari keuntungan secara pribadi, klo almt anda di KTP tdk sama dgn almt di SIM, psti anda akan kena pungli.., walaupun almt anda sama2 di wilyh kabupaten bekasi..! Waspada lah...., waspada laaaaaah...!!!!

degan tidak mengurangi rasa hormat saya ke pada bapak kapolres Bekasi : KOMBES POL Wahyu Hadiningrat, tlng di tertibkan anggota2 anda yg mnjadi oknum petugas di samsat cikarang

Terima Kasih

Anonim mengatakan...

Trimakasih infony mas, kalo tidak d beritahu mgkin saya akan alami nasib sama

Unknown mengatakan...

Masukan yg bagus tuh....
SİM C saya juga sudah mau habis masa berlakunya pada tanggal 10 maret 2016
SİM C saya datanya mengfunakan daerah saya yaitu Rangkasbitung-lebak Banten...
cuma saya bingung mau perpanjang soalnya saya kerja di proyek jadi tidak ada waktu yang pas buat perpanjang SİM C saya....
Mungkin ada informasi yang lengkap lagi dari kawan-kawan bagaimana cara perpanjang SIM tanpa harus ke daerah asal.soalnya tempat kerja saya di cikarang-jababeka Bekasi....di tunggu infonya...

αfandy αhmed mengatakan...

Masukan yg bagus tuh....
SİM C saya juga sudah mau habis masa berlakunya pada tanggal 10 maret 2016
SİM C saya datanya mengfunakan daerah saya yaitu Rangkasbitung-lebak Banten...
cuma saya bingung mau perpanjang soalnya saya kerja di proyek jadi tidak ada waktu yang pas buat perpanjang SİM C saya....
Mungkin ada informasi yang lengkap lagi dari kawan-kawan bagaimana cara perpanjang SIM tanpa harus ke daerah asal.soalnya tempat kerja saya di cikarang-jababeka Bekasi....di tunggu infonya...

ilmi mengatakan...

artikel menarik
jadi tahu tempat sim sekarang
terima kasih ya

PAK BUDIMAN DI MALANG mengatakan...

saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL